Beranda

Selasa, 25 Juni 2013

Anti Virus

                Di zaman teknologi saat ini yang sudah berkembang, serangan-serangan pada dunia teknologi komputer maupun laptop tidak asing lagi karena setiap orang yang memakai komputer akan memerlukan sebuah program Antivirus untuk melindungi computer maupun laptopnya. Namun Antivirus merupakan sebuah program atau aplikasi yang bertugas untuk membasmi dan mendeteksi adanya serangan program-program yang ingin  merusak, itu disebut malicious code.  Jika Antivirus tersebut tidak dapat membasmi atau menghapus program perusak itu, maka tindakan Antivirus itu akan mengkarantina program perusak. Tapi mengkarantina program perusak memiliki durasi waktu hingga Antivirus tersebut mendapatkan formula atau obat untuk mengrecovery komputer kita agar terhindar dari serangan program perusak.
                Untuk memudahkan pengguna, program Antivirus memberikan fasilitas penjadwalan yang diatur sesuai kebutuhan pengguna. Penjadwalan yang dimaksud adalah berupa update program yang harus di download ke versi terbaru agar peluang di serang oleh program perusak sangat kecil karena adanya versi terbaru dari Antivirus tersebut dan juga menjadwalkan scanning otomatis yang telah diatur yang memiliki penjadwalan scanning.
Sejak awal 1970-an dan berkembang hingga ke tahun 1986 yang diketahui adanya virus brain. Virus brain ini sebagai virus yang pertama kali menyerang basis MS-DOS dan mulai dari penyerangan itu banyak bermunculan virus-virus lain yang menyerang di berbagai tempat. Pada tahun 1988 pertama kalinya di rancang Antivirus untuk mendeteksi dan membuang virus brain. Hingga dengan perkembangan dari tahun ke tahun virus-virus yang berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas dan kecerdasan virus itu namun di waktu yang bersamaan Antivirus pun berlomba meningkatkan kualitas produknya untuk mengcegah virus menyerang.

Sebagian besar Antivirus bekerja dengan menggunakan metode seperti dibawah ini :

·         Mendekteksi dengan menggunakan metode basis data virus signature (database virus signature), cara kerja Antivirus ini banyak digunakan oleh Antivirus tradisional yang mencari tanda-tanda keberadaan virus dengan menggunakan sebagian kecil kode virus yang telah dianalisis oleh vendor dan disesuaikan berdasarkan jenis, ukuran, dan daya hancur virus tersebut. Jika ada virus yang baru atau yang belum pernah ditemui oleh Antivirus, maka cara cepatnya yaitu mendownload database virus signature yang bisa didapatkan secara gratis atau bisa juga dari berlangganan Antivirus.
·         Mendeteksi dengan melihat cara bagaimana virus bekerja, cara kerja Antivirus ini merupakan pendekatan yang baru dari teknologi yang mulai diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut sebagai Behavior-blocking detection yang bekerja sama dengan policy (kebijakan) yang diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada perangkat lunak yang menurut policy tidak wajar, maka Antivirus mengabil tidakan selanjutnya dengan cara menghentikan proses yang dapat menular melalui media email yang mengakses address book untuk mengirimkan email secara missal melalui daftar email yang berada di address book. Cara ini sering kali digunakan virus untuk menularkan kedalam suatu email yang dikirimnya. Keuntungan dari cara ini adalah Antivirus yang dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum pernah dianalisis sebelumnya dan belum ada di dalam database virus signature. Kekurangannya Antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan namun Antivirus tersebut tidak memantau berkas .

Antivirus yang menggunakan Behavior-blocking detection ini jumlahnya masih sedikit tapi melalui perkembangan teknologi di masa depan semua Antivirus akan menggunakan kedua cara diatas untuk menyempurnakan Antivirus agar dapat terhindar dari serangan perangkat lunak.
Oleh karena itu pentingnya memasang Antivirus untuk mengamankan untuk mengamankan komputer kita. Dengan adanya Antivirus penyerangan program penghancur maupun perangkat lunak penghancur dapat dicegah oleh Antivirus dan jangan lupa Antivirus itu harus sering diupdate untuk menambah daftar virus-virus baru ke dalam database virus signature.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar